SANTRI PQT RUHUL JADID GELAR AKSI PEDULI ROHINGYA

Tangerang – Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam yang ke 1439 H, santri beserta para guru dan seluruh karyawan Pesantren Quran Terpadu Ruhul Jadid mengadakan karnaval atau pawai pada Rabu pagi (20/9) acara ini disambut antusias oleh seluruh santri yang terlibat dalam karnaval atau pawai tersebut.
Acara yang di gagas oleh pihak sekolah PQT Ruhul Jadid ini diikuti oleh sekitar lima ratus lebih santri, dari mulai jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama sampai dengan Sekolah Menengah Atas PQT Ruhul Jadid turut serta memeriahkan acara pagi tadi. Mereka dengan penuh semangat dan antusias yang luar biasa meneriakkan yel-yel yang menggambarkan semangat menyambut tahun baru Islam yang jatuh pada hari Rabu-Kamis, 20-21 September 2017.
Selain yel-yel yang begitu beragam, bendera yang mereka bawa juga menggambarkan keberagaman yang mereka usung, mulai dari bendera merah putih, bendera Tutwuri Handayani, bendera Yayasan Ruhul Jadid, dan bendera Pramuka. Diharapkan dengan semua bendera yang dibawa, dapat menggambarkan jiwa nasionalis yang religius dari para santri.
Tidak hanya memperingati tahun baru Islam, acara karnaval ini juga bertujuan untuk menunjukkan kepedulian PQT Ruhul Jadid terhadap bencana kemanusiaan yang terjadi di Rohingya. Hal ini dapat terlihat dari poster-poster yang menunjukkan kepedulian santri pada Rohingya seperti poster yang bertuliskan “Stop Genosida Etnis Rohingya” dan lainnya yang dibawa oleh beberapa peserta karnaval.
Beberapa santri juga diberikan tugas untuk mengumpulkan donasi dari masayarakat bentuk kepedulian konkret PQT Ruhul Jadid pada Etnis Rohingya yang sedang mengalami ketidak adilan di negaranya sendiri. Dengan wajah yang ramah, para siswa menghampiri setiap orang yang sedang berada di pinggir jalan yang dilewati oleh iring-iringan karnaval guna membantu masyarakat untuk mendonasikan hartanya untuk warga Rohingya.
Karnaval yang bertemakan “Berhijrah Menjadi Pribadi Islami dan Pancasilais dengan Menumbuhkan Rasa Kemanusiaan Terhadap Penderitaan Saudara Muslim di Rohingya”, diharapkan dapat mewakili maksud dari acara karnaval yang memang ingin menunjukkan bahwa PQT Ruhul Jadid turut bersuka cita dengan datangnya tahun baru islam dan selalu ingin berubah menjadi pribadi yang lebih baik, juga tetap menjadi pribadi yang menjunjung tinggi Pancasila dan Undang-undang Dasar yang merupakan dasar negara, sesuai dengan sila kedua yang berbunyi “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab” dan tertuang dalam UUD 1945 yang berbunyi “ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial” PQT Ruhul Jadid telah turut serta dalam menjalankan dasar Negara Indonesia. Selain mengumpulkan donasi para guru dan karyawan yang terlibat mengadakan tilawah on the street. Donasi yang dikumpulkan 16.236.500,00 diserahkan kepada Aksi Cepat Tangggap (ACT) untuk disalurkan kepada saudara kita di Rohingya. Acara pun berjalan dengan semangat dan khidmat.

Tags

Leave a comment